Banjarmasin Heboh  Gara-gara Ikan Pari Raksasa Ditangkap,  Ini Tanggapan Pakar

Foto Tangkap layar video (dok:@wargabanua/kompas.com)

BANJARMASIN  (SURYA24.COM) - Video yang menunjukkan sejumlah warga berusaha menaikkan ikan pari berukuran besar yang terjaring nelayan, viral di media sosial. Unggahan ini pertama kali dibagikan akun Instagram @wargabanua pada Kamis (2/3/2023).

    "Laporan netizen: Kabarnya semalam warga Batulicin (parak jembatan), Kab. Tanbu dapat iklan pari ganal banar!" tulis pengunggah. Dalam video tersebut, terlihat sejumlah warga menaikkan ikan pari dari sungai ke jembatan titian kayu rumah panggung. Namun karena ukurannya sangat besar, mereka sampai harus menarik ikan itu dengan tali. 

   Di video berikutnya, tulis kompas.com, terlihat seorang warga memotong ikan pari yang berhasil dibawa naik itu menggunakan kapak. Di sekitarnya, banyak warga mengerubungi ikan tersebut. Hingga Senin sore, unggahan tersebut disukai 38.113 pengguna dan mendapatkan 1.747 komentar.

     Dilansir dari TribunKalteng, Lurah Batulicin Said Ahmad mengonfirmasi kabar penangkapan ikan pari oleh nelayan setempat. "Iya, itu benar. Warga di RT 15 yang dapat Pari itu saat melaut," ujarnya.

    Nelayan yang menangkap ikan pari raksasa itu diketahui bernama Abdul Rasyid. Ia menangkap ikan pari itu pada Rabu (1/2/2023) sekitar 13.00 WITA. Hal ini dibenarkan oleh Syaifullah, anak Abdul Rasyid. Abdul Rasyid, nelayan yang menangkap ikan pari itu merupakan warga RT 15 Kelurahan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

     "Iya betul sekali, ayah saya yang dapat pari itu saat cari udang di laut di Pagatan," ujarnya.

     Syaifullah menceritakan, ayahnya sedang menjaring udang di Laut Pagatan. Ia sempat terkejut saat melihat ada ikan besar masuk ke jaringnya. Setelah diperhatikan, ia ternyata menangkap ikan pari berukuran 2 sampai 3 meter.***